Elevator

No Comments

Anda pernah naik elevator? atau anda mungkin belum tau apa itu elevator? kalo yg pernah ke kota atau rumah sakit elite pasti tau, elevator atau lift adalah adalah alat untuk membawa orang atau barang atau "sesuatu"...(syahrini :mode on) secara vertikal baik naik ataupun turun dan biasanya ada di dalam gedung.
Disini saya tidak akan terlalu banyak membahas arti dari alat ini, hanya ada satu pertanyaan apa anda pernah berpikir siapa yang mempunyai ide membuat alat kaya gini ya..? Mungkin kebanyakan dari kita cuek ajah ya, sing penting nyaman, kagak cape kalo mesti bolak balik naik-turun gedung. bisa dibayangkan kalo kita kerja di gedung bertingkat terus kita kebagian kantor di lantai 40. amazing.....gempor ya kalo mesti bolak-balik Untuk itu kita harus mengapresiasi orang yang telah menciptakan elevator ini.
Lift atau elevator ini sudah ada sejak zaman Romawi Kuno, seseorang bernama Archimedes membuatnya pada tahun 336 SM. Tentu saja, pada awal pembuatannya elvator ini tidak tertutup. Alat ini terdiri dari alat sederhana dan hanya menggunakan kerekan untuk menaikkan/menurunkannya, biasanya digunakan untuk menimba air dan membawa material bangunan yang berat. Lift ini digerakan dengan menggunakan tenaga binatang atau orang bahkan menggunakan aliran air dari sungai.
Artikel ini menulis tentang elevator modern yang pertama kali dibuat pada masa Raja Louis XV tahun 1743 saat itu disebut "The Flying Chair" (Kursi terbang). Dan ditempatkan diluar istana raja Versailles, yang dibuat untuk menghubungkan kediaman raja dengan tempat selir-selirnya.Sang raja menggunakan elevator ini dari balkonnya dan ada seseorang yang ditempatkan di cerobong asap untuk mengangkat dan menurunkan lift dengan tali dan katrol.
Pada saat Revolusi Industri pertengahan tahun 1800-an Elevator atau lift ini telah berkembang dan telah menjadi sebuah fasilitas yang sering digunakan saat mereka mengangkut barang-barang di pabrik dan pertambangan.Lift ini masih menggunakan sistem Hidrolik. Kekurangannya adalah, ketika sebuah gedung yang tinggi mempunyai Lift Hidrolik ini, maka gedung tersebut harus mempunyai tambang yang sangat panjang dan memerlukan tempat dan ruangan yang besar juga. Desain ini sangat tidak praktis, meskipun begitu, hal ini semakin populer dan semakin banyak digunakan.
Desain lift yang saat ini ada (yang sering digunakan orang-orang) telah menggunakan sistem kabel, dimana tali bisa menaikkan dan menurunkan kotak lift dengan sistem Gear dan katrol dan sebuah penyeimbang digunakan pada saat kotak lift tersebut diangkat dan diturunkan, cara kerjanya sama dengan jungkat-jungkit yang bisa menghemat tenaga. Lift jenis ini sangat mudah dikontrol, dan gedung yang mempunyai lift dengan sistem hidrolik ini tidak harus mempunyai ruangan yang sangat besar.
Bahkan lift atau elevator yang saat inidigunakan sudah berevolusi menjadi sebuah daya tarik sebuah gedung, dengan berbagai macam desain bentuk bahkan kecepatan sebuah lift pada saat mencapai atau melewati lantai yang satu dengan lainnya bisa dipersingkat. Apalagi sekarang banyak gedung-gedung pencakar langit yang sangat tinggi.
Amazing ide seorang manusia.....

Comments

Leave a Reply

Everything is cool. Powered by Blogger.

Weather Gadget

Followers